Selasa, 10 Mei 2011

Jabar Minta Tambahan Bagi Hasil Migas

Ahmad Heryawan

Jabar Minta Tambahan Bagi Hasil Migas

Wednesday, 23 June 2010 05:17 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG--Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, memaparkan Jawa Barat telah menghasilkan empat persen minyak bumi dan 11 persen gas bumi dari total produksi minyak bumi dan gas Indonesia. Jawa Barat memiliki 29 lapangan minyak bumi dan gas yang berada di lima kabupaten, yaitu Bekasi, Karawang, Subang, Indramayu, dan Majalengka.

Menurut Heryawan, jumlah tersebut masih kecil jika dibandingkan dengan daerah penghasil migas lainnya di Indonesia. Namun, ia menilai transparansi bagi hasil migas diperlukan bagi daerah-daerah penghasil migas. ''Pendapatan bagi hasil dari migas dapat digunakan untuk pembangunan daerahnya masing-masing. Di Jawa Barat sendiri, potensi untuk meningkatkan pasokan migas masih besar. Hanya belum dieksplorasi,'' jelasnya dalam pertemuan dengan Komisi VII DPR di Ruang Basement Gedung Sate, Bandung, Selasa (22/6).

Ia mencontohkan, Jawa Barat sangat membutuhkan anggaran untuk pengembangan infrastruktur. Maka dari itu, ia mengimbau agar pemerintah dapat memberikan bagi hasil migas yang adil untuk daerah penghasil. ''Jawa Barat sendiri baru menerima bagi hasil sebesar 45 persen. RUU Migas yang baru diharapakan berpihak kepada kepentingan masyarakat,'' imbuhnya.

Senada diucapkan Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Jawa Barat, Deny Juanda. Ia mengimbau agar bagi hasil untuk daerah penghasil migas dapat ditingkatkan presentasenya. ''Apalagi Jawa Barat tengah mengembangkan tahun ini sebagai tahun infrastruktur,'' katanya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar